Saturday 10 May 2014

Waspada, Emosi Bisa Berbahaya

Kategori:


Berikut tips mengatasi emosi.

Amarah bisa membahayakan hidup dan jiwa.
Salam mojokerto- Terlibat pertengkaran dengan orang terdekat, terkadang berimbas pada kegiatan sehari-hari. Pekerjaan di kantor jadi kacau, bahkan cara mengemudi pun jadi ugal-ugalan.

Ternyata, pertengkaran bisa menimbulkan bahaya. Bisa saja Anda sampai dipecat atau kecelakaan di jalanan. Untuk itu, jangan kerjakan sesuatu di bawah tekanan emosi kemarahan.

Bagaimana menyiasatinya? Simak tips yang dilansir Fox News berikut.

Jangan lekas tertidur
Studi menyebutkan, tidur dapat meningkatkan memori yang sangat emosional. Informasi yang diperoleh, akan diproses lebih kuat saat tertidur dan kita lebih mengingatnya saat terbangun.

Jangan lekas mengemudi
Kemarahan akan memberikan visi “terowongan”, berupa jalan lurus ke depan tanpa memerhatikan sekitar. Jika harus mengemudi, buka mata sungguh-sungguh untuk mengindari visi “terowongan”.

Jangan dilampiaskan
Menurut penelitian, mudah marah mengurangi kebahagiaan hidup. Melampiaskan kemarahan juga tak baik. Memukul bantal misalnya, hanya akan menghasilkan perilaku lebih agresif di masa depan.

Jangan lekas makan
Makan bukan penenang yang baik. Ketika marah, Anda akan memilih makanan tidak sehat. Menu tinggi gula dan tinggi lemak paling banyak dilirik. Padahal saat marah, pencernaan tidak berfungsi optimal.

Jangan lekas berdebat
Melakukan percakapaan saat marah, akan membuat Anda menyesal pernah mengatakan itu. Anda mungkin butuh 10 menit hingga 10 hari untuk mengekspresikan diri dalam keadaan lebih sadar.

0 komentar:

Post a Comment