Sunday 22 February 2015

MISTERI Legenda Gaib Gunung Pancar

Kategori:





Gunung pancar yg terletak di Desa Karang Tengah, kecamatan Babakan Madang, kabupaten Bogor, Jawa Barat ini memang penuh dengan legenda mitos..

biarpun tak seberapa tinggi (hanya 800meter dari permukaan laut), tetapi keberadaan gunung ini seing menjadi buah bibir bagi orang-orang yg gemar mencari pusaka dan mempelajar hal gaib.

selain itu, menurut mitos masyarakat setempat, gunung ini disebutkan sebagai awal dan akhir dari kehidupan di muka bumi ini. menurut kisah yg dituturkan secara turun temurun, dahulu kala ketika bumi belum berpenghuni, belum ada yg namanya gunung, pada saat itu bumi kereap berguncag-guncang sehingga sering memporak-porandakan isinya.

bersamaan dengan guncangan tersebut, pada akhirnya dari perut bumi muncullah sesuatu yg besar, yg tak lain adalah Gunung Pancar, yg artinya muncul kepermukaan bumi.

karena itulah akhirnya gunung pancar diyakini sebagai pondasi bumi yg paling utama. kata pancer sendiri dapat berarti tonggak atau pasak. konon, jika gunung ini hancur akibat letusannya, maka itulah pertanda akan hancurnya alam semesta karena tak ada lagi pondasi penyangganya..

Gunung ini juga dipercaya sebagai pusat kerajaan gaib para mahluk halus. bahkan, ada sebagian masyarakat yg percaya bahwa sebelum hari kiamat tiba seluruh mahluk halus sebangsa jin dan siluman penghuni gunung di seluruh pelosok bumi akan terjebak ke dalam suatu peperangan yg sangat hebat.
namun dikatakan, peperangan gaib tersebut nantinya akan dimenangkan oleh kerajaan pata mahluk halus yg bertahta di puncak Gunung Pancar.

di puncak gunung pancar ternyata terdapat makam-makam keramat yg usianya diperkirakan sudah sangat tua.
beberapa tokoh legendaris yg bersemayan di makam-makam itu antara lain makam Mbah H Dalem Putih, Ki Mas Bungsu, Mbah raden Lawulung, Mbah Raden Surya Kencana, mbah Kalijaga, dan para tokoh karuhun yg dikenal sebagai Ki Mas Manggala dan Mbah Raden Balungtunggal.

banyak orang yg berkunjung ke makam para tokoh tersebut untuk mencari wangsit, selain itu menurut mitos masyarakat setempat, digunung ini tersimpan puluhan hingga ratusan benda pusaka dari kerajaan atau para tokoh zaman dahulu, pusaka-pusaka tersebut bentuknya mulai dari cincin, keris, tombak, dan benda-benda lainnya.

selain benda-benda pusaka tersebut, sesungguhnya ada satu jenis benda pusaka yang terus menjadi buruan..
pada hari-hari tertentu, tepatnya malam hari, dari atas puncak pancar sering terlihat cahaya terang benderang yg menyilaukan mata.
cahaya tersebut diyakini berasal dari pusaka yang disebut sebagai Besi Koneng (besi kuning). besi berdaya gaib tinggi tersebut diperkirakan merupakan peninggalan tokoh sakti yg ada di dalam salah satu makam keramat tersebut.

dan menurut para tokoh setempat, gunung juga adalah tempat pelarian Prabu Kiansantang dari kejaran orang.

ada sedikit tampang gunung Pancar nih kawan..

hayooo siapa yang tertarik buat nikmatin keindahannya???

kalo ada yang mau kesana, ajak-ajak ya kawan...

oia, kalo ada yang tau lebih tentang legenda atau mitos gunung ini share ya kawan, soalnya saya juga masih agak copy paste..

sedikit tambahan nih kawan, dari sedikit pengalaman saat perjalanan kesana, saya rasa ada beberapa keganjilan yang saya dan teman saya rasakan..
entah cuman saya dan teman saya yang melihatnya, atau mereka semua juga tau??
yang pasti, yang saya rasakan pada saat pejalanan kesana adalah ketika saya nyasar menjajaki beberapa desa, desa itu seperti desa mati... padahal banyak warganya yang diluar rumah, tapi mereka melihat saya dan teman saya seperti sangat asing.. memang kami bukan warga daerah itu. tapi bedakan dengan pengunjung lain.


0 komentar:

Post a Comment