Tuesday 6 May 2014

Ingin Langsing? Tidur Tepat Waktu

Kategori:


Saat istirahat tubuh akan mengeluarkan energi yang membakar kalori.

Ilustrasi wanita tidur
Salam mojokerto- Kurang tidur dapat membuat seseorang menjadi gemuk, ternyata ungkapan itu bukanlah mitos. Hal ini dipicu karena adanya hormon kortisol dalam darah akan meningkat jika Anda kurang tidur. 

Hormon kortisol ini akan menyebabkan Anda ingin terus mengemil dan makan. Hormon ini mengacaukan nafsu makan dan bisa membuat Anda merasa ingin makan.

Sebuah penelitian juga menunjukkan, bahwa kurang tidur bisa memperlambat metabolisme dan menyebabkan jumlah hormon ghrelin meningkat. Hormon ini berkaitan dengan kontrol nafsu makan. Jadi jika Anda ingin langsing jangan biarkan waktu tidur Anda berkurang.

Berikut ini adalah alasan mengapa waktu tidur yang cukup dapat membuat seseorang tampil langsing seperti dikutip dari Fitbie:

Bakar Kalori
Begadang hanya akan membuat Anda menambah kalori, tapi dengan waktu tidur yang cukup, tubuh akan lebih cepat membakar kalori. Menurut sebuah studi di Amerikan Journal of Clinical Nutrition, saat istirahat tubuh akan mengeluarkan energi yang dapat membakar kalori.

Orang yang memiliki waktu tidur normal, 8 jam, memiliki pembakaran kalori 5 persen lebih tinggi dari pada mereka yang begadang. Dan ada 20 persen kalori yang terbakar di dalam tubuh.

Dapat menumpas lemak
Meski di siang hari Anda melakukan diet mati-matian, tapi waktu tidur Anda kurang, ini sama dengan nol besar. Diet tidak akan berjalan sukses jika Anda tidur dengan waktu yang terbatas. Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Obesity, orang yang kurang tidur memiliki 1.300 kalori lebih banyak dari pada mereka yang memiliki jam tidur normal.

Otak tidak fokus karena lapar
Para peneliti di Harvard Medical School melakukan scan otak pada orang-orang yang mengantuk di siang hari, serta mengukur aktivitas otak mereka saat menginginkan makanan berkalori tinggi.  Hasil scan mengungkapkan saat orang merasa kantuk dan lelah akan memicu atau membuat otak mengontrol nafsu makan yang berlebih.

0 komentar:

Post a Comment