Menurut data yang didapatkan, Google pada tahun 2012 rela mengeluarkan uang senilai 18.2 juta USD atau sekitar 208 miliar rupiah untuk lobi-lobi politik. Jumlah tersebut pun membuat Google menjadi perusahaan kedua yang mempunyai pengeluaran tertinggi dalam hal lobi melobi. Posisi pertama diduduki oleh GE. Angka tersebut pun meningkat sangat drastis dibandingkan yang telah dikeluarkan Google pada tahun 2003, yakni sebanyak 101 ribu USD.
Namun pada tahun 2013 lalu, Google nampaknya sedikit mengendurkan dana untuk aktivitas lobi para politisi ini. Di jajaran para perusahaan Amerika Serikat, pada tahun 2013 mereka menduduki posisi kelima untuk perusahaan dengan dana lobi terbanyak. Dengan begitu banyaknya uang yang dikeluarkan oleh Google untuk para politisi, tidak mengherankan kalau mereka memperoleh dukungan yang besar dari pemerintah Amerika.
0 komentar:
Post a Comment